Pendidikan Network dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan dan sebagai sumber umum serta jaringan komunikasi forum bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminat lainnya.


News / Reference Pendidikan
 
Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks
By admin
Selasa, 26 Februari 2013
Kurikulum 2013
Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks
Penulis : Ester Lince Napitupulu | Selasa, 26 Februari 2013 | 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 dalam impelementasinya menggunakan pendekatan berbasis teks.

Dengan berbasis teks, siswa menggunakan bahasa tidak saja hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi, tetapi sebagai sarana mengembangkan kemampuan berpikir.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Mahsun, di Jakarta, Selasa (26/2/2013), menjelaskan pada KTSP basisnya tidak pada teks, padahal pikiran yang lengkap, yang disampaikan orang dalam bahasa itu hanya dalam bentuk teks.

Mahsun menjelaskan, teks tidak diartikan sebagai bentuk bahasa tulis seperti teks Pancasila, yang sering dibacakan pada saat upacara. Teks dapat berwujud teks tertulis maupun teks lisan.

"Teks itu adalah ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya ada situasi dan konteksnya," katanya. Teks, lanjut Mahsun, dibentuk oleh konteks situasi penggunaan bahasa yang di dalamnya ada register atau ragam bahasa yang melatarbelakangi lahirnya teks tersebut.

"Register itu meliputi apa pesan yang akan disampaikan, kepada siapa pesan itu disampaikan, dan dalam format bahasa seperti apa pesan itu dikemas," kata Guru Besar Linguistik Universitas Mataram itu.

Semua pelajaran bahasa Indonesia mulai jenjang sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA) berbasis teks. Di jenjang SD sebanyak 30 jenis, SMP 45 jenis, dan SMA 60 jenis.

"Ketika (siswa) sudah selesai mengetahui bagaimana susunan teks itu maka selesailah (pelajaran) bahasa Indonesia. Jadi setiap kompetensi dasar ada indikator penilaiannya," katanya.

"Di kelas IV SD, siswa sudah mulai belajar cerpen. Bahasa sastra sebagai bahan pembelajaran ini akan membuat mata pelajaran menarik," kata Mahsun.


Sumber: Kompas.Com
Berita Lengkap: http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/26/21303951/ Pembelajaran.Bahasa.Indonesia.Menggunakan.Pendekatan.Teks


SARAN KAMI

Re: "Dengan berbasis teks, siswa menggunakan bahasa tidak saja hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi, tetapi sebagai sarana mengembangkan kemampuan berpikir."

Kritikus telah menunjukkan bahwa penekanan pada kreativitas individu dan ekspresi pribadi yang hilang dari TBI, yang sangat terikat pada metodologi didasarkan pada studi teks model dan penciptaan teks berdasarkan model. Demikian juga kritikus menunjukkan bahwa ada bahaya bahwa ajaran dalam kerangka ini dapat menjadi repetitif dan membosankan dari waktu ke waktu sejak siklus pengajaran dijelaskan di atas diterapkan pada pengajaran keempat keterampilan. Jadi saya pikir itu mungkin benar bahwa saat ini sedang digunakan lebih fleksibel daripada di masa lalu. Silabus terbaru untuk pengajaran bahasa Inggris di Singapura misalnya, mencakup teks-jenis sebagai hanya satu untai dalam kerangka silabus (Google Translate).

"Critics have pointed out that an emphasis on individual creativity and personal expression is missing from TBI, which is heavily wedded to a methodology based on the study of model texts and the creation of texts based on models. Likewise critics point out that there is a danger that teaching within this framework can become repetitive and boring over time since the teaching cycle described above is applied to the teaching of all four skills. So I think it is probably true that it is currently being used more flexibly than in the past. The most recent syllabus for the teaching of English in Singapore for example, includes text-types as just one strand within the syllabus framework." (Original) Ref: Limitations of the text based approach

 

PENDIDIKAN BERMUTU

Pendidikan Kelas Dunia

Metodologi Bermutu

Metodologi Indonesia

Bertaraf Nasional

Sekolah Bertaraf Nasional Indonesia

Jantung Sekolah Anda?

Perpustakaan Sekolah

Pelajaran Berbasis-ICT?

Ilusi atau SolusiIlusi Atau Solusi

Manajemen Pendidikan

Manageing Basic Education

Inovasi Pendidikan

Inovasi Pendidikan

Situs-Situs Lain Kami

Sains.TV
TV Pendidikan
E-Pemerintah - Menuju E-Government
Mad Scientist
Pojok SiswaPojok Guru

Pendidikan Luar Negeri


Enter University


Musuh Pendidikan #1

Kenal Musuh Anda

CONTOH METODOLOGI

. SMPN 2 Jalancagak Bangun Lingkungan Belajar
. Menuju Perubahan yang Berkelanjutan
. Program 'Better Teaching and Learning' (BTL)
. Manajemen Sekolah dan Pengembangan Profesional Guru
. Dampak Program BTL Nampak Jelas di Sekolah Mitra
. Pencapaian DBE Agar Diteruskan
. Buah Manis dari Pembelajaran IPA yang Bermakna


Baca Berita Setiap Hari

Media Indonesia News and Views
Kompas.Com
Web.Bisnis.Com
TheJakartaPost.Com

Chat dan Saran Anda


Seorang Aktivis HAM

Selamat Jalan Pak Munir!