Pendidikan Network dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan dan sebagai sumber umum serta jaringan komunikasi forum bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminat lainnya.


News / Reference Pendidikan
Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks

JAKARTA, KOMPAS.com (26 Februari 2013) - Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 dalam impelementasinya menggunakan pendekatan berbasis teks. Dengan berbasis teks, siswa menggunakan bahasa tidak saja hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi, tetapi sebagai sarana mengembangkan kemampuan berpikir.... Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Mahsun... menjelaskan pada KTSP basisnya tidak pada teks, padahal pikiran yang lengkap, yang disampaikan orang dalam bahasa itu hanya dalam bentuk teks...

Dibangun 113 Politeknik Negeri

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membangun 113 politeknik negeri di sejumlah wilayah Indonesia sampai 2014. Selain membangun politeknik baru, sebagian di antaranya mengubah status politeknik swasta menjadi politeknik negeri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, saat ini politeknik yang dinegerikan ada tiga, yakni Politeknik Banyuwangi di Jawa Timur, Politeknik Sampang di Pulau Madura, dan Politeknik Sambas di Kalimantan Barat...

RSBI Karimun Dijadikan Sekolah Unggulan

KARIMUN, KOMPAS.com (25 Februari 2013) - Dua sekolah masing-masing SDN 04 dan SMPN 1 Karimun, yang merupakan sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dijadikan sekolah unggulan pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang menghapus RSBI, demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Kepulauan Riau, Sudarmadi. "Sayang kalau dua sekolah tersebut sama seperti sekolah lain. Karena itu, kedua sekolah itu kami jadikan sekolah unggulan atau binaan seperti yang diberlakukan untuk SMAN 4," kata Sudarmadi, di Tanjung Balai Karimun, Minggu (24/2/2013).

UN SD Kemungkinan Besar Akan Ditiadakan

SEMARANG, KOMPAS.com (23 Februari 2013) - Selama ini, alat evaluasi pada kurikulum baru masih belum diperjelas. Ujian Nasional (UN) yang sama akan dijalankan dinilai tidak sejalan dengan semangat kurikulum baru. Lalu bagaimana nasib UN yang terus menuai kontroversi dari berbagai pihak mengenai pelaksanaannya? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa keberadaan UN akan dikaji kembali kelanjutannya pada kurikulum baru ini.

Kemendikbud: Kurikulum 2013 Dorong Siswa Lebih Kreatif

YOGYAKARTA, KOMPAS.com (23 Februari 2013) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini sedang gencar melakukan sosialiasi kurikulum 2013 yang dinilai memiliki muatan pembelajaran yang mampu mendorong siswa lebih kreatif. "Untuk kurikulum sebelumnya, sisi kreativitas siswa ini kurang disentuh. Karenanya, dalam kurikulum 2013 yang akan diterapkan mulai tahun ajaran 2013/2014 akan lebih mendorong siswa untuk kreatif," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan...

5 Cara 'Murah Meriah' Belajar Bahasa Asing

KOMPAS.com (22 Februari 2013) — Di era global saat ini, kemampuan berbahasa asing menjadi sesuatu yang perlu dimiliki oleh para profesional muda. Banyak orang akhirnya menghabiskan uang mereka dengan membeli software dan buku teks untuk belajar bahasa asing dan mereka memang mencapai hasil yang menggembirakan... Benar?

Urgensi Kurikulum 2013

KOMPAS.com (21 Februari 2013) - Pemerintah berkukuh melaksanakan Kurikulum 2013 pada Juli mendatang seolah ada keharusan yang mendesak. Padahal, ”barangnya” masih kontroversial, perangkat pelaksanaannya pun belumlah siap. Sikap pemerintah itu terasa berlebihan karena sejatinya pengaruh perubahan Kurikulum 2013 tidaklah sedahsyat yang dibayangkan. Asumsi-asumsi teoritisnya memang muluk, tetapi yang riil berubah dan mudah dilaksanakan hanya pengurangan jumlah mata pelajaran dan penambahan durasi pembelajaran di sekolah.

Kurikulum 2013 Hanya Akan Lahirkan Generasi Tukang

JAKARTA, KOMPAS.com (19 Februari 2013) - Alih-alih menunjukkan kemajuan, perubahan kurikulum dinilai malah akan membawa kemunduran seperti kembali pada abad 17-18 yang kala itu tengah masuk masa industrialisasi. Pakar pendidikan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Daniel Mohammad Rosyid, mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini justru hanya menghasilkan generasi tukang... Ini seperti kembali lagi pada abad 17-18. Ini paradigma pabrik," kata Daniel saat "Diskusi Publik Kurikulum 2013 Menjawab Tantangan Generasi Emas 2045" di Ruang KK II DPR RI, Jakarta...

Mengapa Anggaran Kurikulum 2013 Berubah-ubah?

JAKARTA, KOMPAS.com (18 Februari 2013) — Meski pernah dijelaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh terkait anggaran kurikulum 2013, berbagai pihak masih tidak puas dengan penjelasan... Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Siti Juliantari Rachman, memprediksikan tiga alasan terus berubahnya besaran anggaran kurikulum 2013. Padahal, peruntukannya masih hanya untuk buku dan persiapan guru. "Kami melihat ada tiga kemungkinan di sini yang membuat anggaran ini berubah terus," kata Tari, saat jumpa pers di Kantor ICW...

Benahi Dulu Mekanisme UN SMA!
Friday, January 06, 2012 13:38:00
MALANG, KOMPAS.com - Kalangan universitas memberikan respons atas rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan nilai ujian nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito meminta agar mekanisme UN SMA dibenahi terlebih dulu sebelum memberlakukan UN sebagai syarat wajib penerimaan mahasiswa baru di PTN. (371 clicks)
Segera Revisi Konsep RSBI
Friday, January 06, 2012 10:50:00
SURABAYA, KOMPAS.com - Konsep rintisan sekolah bertaraf internasional harus segera direvisi. Langkah ini harus dilakukan setelah pemerintah melakukan evaluasi, ternyata dari 1.305 RSBI, tak satu pun yang layak dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional. (210 clicks)
Prestasi Non-akademik Kurang Dihargai
Wednesday, January 04, 2012 11:27:00
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah belum punya tradisi mengakui, menghargai, dan mengembangkan bakat non-akademik siswa. Bahkan, sekolah kerap tak mendukung prestasi itu, seperti bidang kesenian dan olahraga. Oleh karena itu, sekolah didesak mengubah pola pikir, terutama sekolah negeri yang dinilai kurang memiliki model kepemimpinan yang baik. (268 clicks)
Kemdikbud Akui RSBI Ciptakan Kasta
Wednesday, January 04, 2012 09:01:00
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Suyanto tak menampik kritikan keras berbagai pihak yang menilai bahwa keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) menciptakan kastanisasi di dunia pendidikan. Kritikan ini dilayangkan karena mahalnya biaya masuk sekolah berlabel RSBI, yang hanya mampu dijangkau kalangan mampu. (171 clicks)
Seluruh RSBI Belum Layak Jadi SBI
Wednesday, January 04, 2012 08:37:00
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengakui, seluruh Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang ada saat ini, belum layak untuk ditingkatkan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). (214 clicks)
Apa Pun Kondisinya, Rehabilitasi Sekolah Harus Selesai!
Tuesday, January 03, 2012 18:17:00
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengatakan, kementerian menyelesaikan rehabilitasi sekolah rusak yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2011. Meskipun, hingga saat ini, Kementerian Keuangan belum memutuskan apakah sisa APBN-P tersebut harus dikembalikan ke kas negara atau tidak. (189 clicks)
Guru: Menyongsong 2012 Tanpa Gairah
Wednesday, December 28, 2011 16:10:00
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) menilai, secara umum kebijakan pendidikan sepanjang tahun 2011 masih trial and error serta hit and run. Tidak ada skema kebijakan yang matang untuk diterapkan. (303 clicks)
Group Work at University Park Campus School
Friday, March 19, 2010 10:10:30
Small group work by students is a cornerstone of classroom practice at UPCS. On a typical day, students will engage in group activites in a majority of their classes. Group work is a critical instructional strategy for providing rigorous learning experiences to a wide range of students ? many of whom struggled in their previous schooling and some of whom are new to the English language. The emphasis on group work and the school?s culture of collective accountability for student success are mutually reinforcing. (1658 clicks)
Daya Serap Lulusan SMK Masih Rendah
Monday, March 31, 2008 16:12:00
Semarang-RoL-- Pemerintah terus mendorong minat lulusan SLTP untuk melanjutkan studi di sekolah menengah kejuruan (SMK) namun sejauh ini daya serap lapangan kerja terhadap lulusan SMK masih relatif rendah. (3363 clicks)
Fenomena Bunuh Diri Pelajar
Saturday, March 29, 2008 18:00:00
Maraknya peristiwa mengakhiri hidup dengan bunuh diri menjadi sebuah fenomena menarik. Bagi bangsa Indonesia, bunuh diri bukanlah sebuah tradisi budaya turun-temurun sebagaimana yang terjadi di Jepang dengan harakirinya. (2882 clicks)
Sekolah Roboh
Saturday, March 29, 2008 10:00:00
Mengenaskan. Begitulah dunia pendidikan kita. Bukan cuma kualitas pendidikan yang mengenaskan, tapi juga infrastruktur bangunan. Sudah ratusan sekolah roboh di negeri ini. (2076 clicks)
Penderita Gizi Buruk dan Putus Sekolah Melonjak
Wednesday, March 19, 2008 12:00:00
JAKARTA--Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 2005 yang disusul melambungnya harga bahan pokok, mengakibatkan jumlah penderita gizi buruk dan angka putus sekolah melonjak drastis. Demikian Sekjen Komnas Perlindungan Anak (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait, mengungkap temuan itu, di Jakarta, Selasa (18/3). (2174 clicks)
Wajar 9 Tahun Harus Tuntas Akhir 2008
Wednesday, March 19, 2008 03:42:00
JAKARTA--MI: Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menargetkan pendidikan dasar wajib belajar (wajar) 9 tahun harus tuntas paripurna (lebih atau sama dengan 95%) pada akhir 2008. (2475 clicks)
3.560 Warga Solo Buta Aksara
Friday, March 14, 2008 17:37:00
SOLO--MI: Sebanyak 3.560 dari 550 ribu penduduk Kota Solo, Jawa Tengah, belum melek huruf atau buta aksara. Mereka inilah yang akan menjadi target pada tahun ini, sehingga pada akhir 2008 diharapkan Solo sudah bebas buta aksara, kata Kepala Sub Dinas Pendidikan Masyarakat dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo Wandowo, Jumat (14/3). (1910 clicks)
Sertifikasi Guru, Mengapa tidak Lulus?
Friday, March 14, 2008 12:00:00
Sertifikasi guru dalam jabatan merupakan salah satu jawaban dalam menjawab masalah perbaikan nasib guru. Karena, bagi guru yang lulus sertifikasi akan mendapatkan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok setiap bulannya. (2477 clicks)
  Next 

Pendidikan Bermutu

Pendidikan Kelas Dunia


Metodologi Bermutu

Metodologi Indonesia


Bertaraf Nasion'l

Sekolah Bertaraf Nasional Indonesia


Jantung Sekolah Anda?

Perpustakaan Sekolah


Pelajaran Berbasis-ICT?

Ilusi atau Solusi
Ilusi Atau Solusi


Situs-Situs Lain Kami

Sains.TV
TV Pendidikan
E-Pemerintah - Menuju E-Government
Mad Scientist
Pojok SiswaPojok Guru
Pojok KepsekPojok TU


CONTOH METODOLOGI

• SMPN 2 Jalancagak Bangun Lingkungan Belajar
• Menuju Perubahan yang Berkelanjutan
• Program 'Better Teaching and Learning' (BTL)
• Manajemen Sekolah dan Pengembangan Profesional Guru
• Dampak Program BTL Nampak Jelas di Sekolah Mitra
• Pencapaian DBE Agar Diteruskan
• Buah Manis dari Pembelajaran IPA yang Bermakna
• MTs NU Al-Hidayah Kudus Menyongsong Perubahan sebagai Budaya
• SIMULATION: Atasi Siswa yang Pasif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
• Sekolah Gudang Prestasi
• Sekolah di Grobogan Menunjukkan Keunggulan
• Sekolah yang Menginspirasi
• Sekolah Menerapkan Inovasi Secara Rutin
• Melembagakan dan Meratakan Dampak DBE3
• Mandiri dan Berinisiatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
• Speaking Through The Vocamino Game
• Menonton Film Bisu untuk Membuat Naskah Drama
• Manfaatkan Mini Market sebagai Sumber Belajar
• Menginspirasi Guru untuk Maju
• Siapapun yang Memimpin SMPN 2 Musuk

Pendidikan Luar Negeri


Enter University


Baca Berita Setiap Hari

Salah satu tujuan Pendidikan Network adalah membantu Pelajar dan Guru di Indonesia untuk mencari informasi mengenai Perkembangan Pendidikan. Kebiasaan Membaca adalah isu yang sangat penting dan Kami memasang berita baru di website ini dengan tujuan membantu tetapi itu sangat penting bahwa anda membaca berita secara luas setiap hari. Coba membaca beberapa artikel setiap hari:

Media Indonesia News and Views
Kompas.Com
Republika Online
Suara Pembaruan

Harian Komentar
detikNews Situs Warta Era Digital
Web.Bisnis.Com
TheJakartaPost.Com


Belajar Penerbangan

Pendidikan Penerbangan

E-MajalaH Online

E-MajalaH Online

Chat dan Saran Anda


Seorang Aktivis HAM


Selamat Jalan Pak Munir!